Langsung ke konten utama

Pedoman Penggunaan Google Webmaster Tools (GWT) Part. 1

Daftar Isi (Part 1) :
  • 1. Set-up Akun Google Webmaster Anda
  • 2. Menambahkan Situs Anda
  • 3. Memeriksa Isu Kritis Terbaru
  • 4. Memeriksa Kesalahan Perayapan

1. Set-up Akun Google Webmaster Anda

Pertama, Anda memerlukan akun Google. Anda tidak bisa mengakses Google Webmaster Tools tanpa menggunakan akun Google . Untuk membuatnya anda perlu mengakses https://accounts.google.com/SignUp .
Setelah anda berhasil mendaftar, anda bisa masuk dan mengakses Webmaster Tools http://www.google.com/webmasters/tools/.

2. Menambahkan Situs Anda

Setelah anda berhasil masuk ke Google Webmaster, anda akan bisa mengakses halaman utama dan menambahkan situs anda dengan mengklik tombol “Add a Site” di pojok kanan atas, ketik URL situs anda pada kotak dan klik “Continue”.

add a site button

webmaster add a site

Setelah itu, anda akan dialihkan ke halaman “Verify your ownership” halaman ini akan meminta anda untuk otentikasi akses ke situs yang ditambahkan. Apabila anda melewati langkah ini, situs yang anda tambahkan akan muncul di dashboard, namun akan ditandai dengan “Not verified” dan anda tidak bisa mengakses data apapun tentang situs itu. Anda bisa memiliki kepemilikan situs dengan beberapa cara, memverifikasi situs anda via Google Analytics menjadi salah satu cara yang mudah. ( Untuk melakukan ini, anda membutuhkan izin Administrator pada akun Analytics ).

webmaster tools verificatiom

Secara default, Webmaster Tools akan merekomendasikan untuk memverifikasi kepemilikan Anda melalui "upload file HTML" metode. Ini adalah proses yang lebih rumit, yang melibatkan men-download file html tertentu yang ditawarkan oleh Google yang Anda butuhkan untuk meng-upload di website Anda, kemudian mengakses link dalam browser. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini Anda dapat menekan "Verifikasi" tombol dan Anda sudah siap. Jika Anda ingin tetap diverifikasi, Anda harus menjaga halaman ini tetap berada di situs Anda.
Jika anda telah menyelesaikan langkah terakhir ini, semuanya telah siap dan anda telah siap mengakses dashboard situs. Anda perlu menyadari bahwa beberapa data mungkin tidak tersedia di awal, dan mungkin akan ada beberapa hari kemudian.

3. Memeriksa Isu Kritis Terbaru

Anda mungkin akan diberitahu oleh Google mengenai masalah yang ada pada situs anda, dan juga mengirimkan pesan tertentu yang berisi informasi yang relevan. Pesan terbaru atau masalah yang terdeteksi akan ditampilkan di halaman utama dashboard di bawah " “New and important”.
webmaster tools page messages

4. Memeriksa Kesalahan Perayapan

Anda dapat melihat halaman disitus anda yang Googlebot mempunyai masalah perayapan atau memberikan kesalahat HTTP. Akses fitur ini dengan mengklik Crawl > Crawl Errors. Data yang hanya menampilkan data 90 hati terakhir, dibagi kedua bagian utama: Kesalahan Site dan Kesalahan URL.. Bagian pertama adalah daftar potensi masalah Google memiliki, mencegah untuk mengakses seluruh situs Anda
Kesalahan URL,  menunjukan daftar halaman tertentu yang Googlebot memeliki kesalahan pada perayapan. Kesalahan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu jenis Googlebots - Desktop dan Smartphone untuk Googlebot-mobile (kesalahan yang tidak terjadi pada desktop).Selebihnya , Anda melihat dua kasus pada gambar :
  • a. Akses Ditolak - mewakili jumlah masalah dengan otentikasi terjadi atau Googlebot tidak diperbolehkan mengakses situs anda
  • b. Tidak Ditemukan - berarti bahwa poin link ke halaman yang tidak ada lagi
webmaster tools page crawl errors
Dibagian bawah halaman anda akan melihat daftar 1000 halaman teratas yang mengandung kesalahan, yang disusun menurut prioritas.
Jika Anda merasa ada terlalu banyak halaman dengan kesalahan yang ditampilkan dan perlu mencari halaman tertentu, Anda dapat menggunakan kotak Filter. Anda dapat mengetikkan kata atau bagian dari kata yang terkandung dalam URL yang Anda cari dan secara otomatis akan menampilkan hanya link yang memasukkannya


Lanjut Di Part Berikutnya Ya ^_^
Maaf klau banyak kesalahan pada penggunaan bahasa ^_^

    Komentar

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    [MMORPG] [ONLINE GAME] The World Online - 世界Online

    Hohoho... Setelah saya tadi share game Aika Your Virtual Girlfriend sekarang saya mau share game yg sering saya mainin di hape jadul saya. hohoho.. Game ini bisa di main di semua HP hohohoho... Screen Shot : Download : Java : 世界Online V29 240x320 [Full Chinnese] **Yang Indo Nyusul Android :  世界Online V20 [Full Indonesia] , Download lastest version in here http://sj.good321.net/d.action Iphone :  http://sj.good321.net/d.action

    Cara Mengaktifkan Low Light Mode di Asus Zenfone 4

    Selamat sore ^_^ Sebelumnya saya ucapkan 'Minal Aidzin Wal Fai Idzin, Mohon maaf lahir dan batin' maaf ya kalau telat ada kesibukan soalnya hehe.. ^_^ Ok gan lansung aja ya gan kali ini saya mau share tutorial Cara Mengaktifkan Low Light Mode di Asus Zenfone 4 biar meskipun ditempat gelap photonya tetap cerah secerah senyuman mantan hehehe... Fitur low light mode ini secara default tidak tersedia di Asus Zenfone 4 dan hanya tersedia di Asus Zenfone  Zen5, Zen6, dan Zen2. Langsung saja cekicrot... : 1. Baca basmallah dan berdoa lah supaya berhasil. 2. Root HHnya (skip apabila HH tlah diroot) 3. Buka folder /system menggunakan aplikasi sejenis root explorer maupun aplikasi sejenis 4. Buka file build.prop dgn aplikasi editor text. jgn lupa di mount R/W dlu . 5. Ubah text ro.product.model=ASUS_T00I menjadi ro.product.model=ASUS_Z002 6. Done. Silahkan restart HP anda dan buka aplikasi kamera bawaan . Remember DWYOR ( Do With Your Own Risk)